Sabtu, 27 Oktober 2012

Good Corporate Governance dalam Perusahaan


Di era persaingan global ini, dimana batas-batas negara tidak lagi menjadi penghalang untuk berkompetisi, hanya perusahaan yang menerapkan Good Corporate Governance (GCG) yang mampu memenangkan persaingan. GCG merupakan suatu keharusan dalam rangka membangun kondisi perusahaan yang tangguh dan sustainable. Ia diperlukan untuk menciptakan sistem dan struktur perusahaan yang kuat sehingga mampu menjadi perusahaan kelas dunia.
 
Good Corporate Governance pada dasarnya merupakan suatu sistem (input, Proses, output) dan seperangkat peraturan yang mengatur hubungan antara berbagai pihak yang kepentingan (stakeholders) terutama dalam arti sempit hubungan antara pemegang saham, dewan komisaris, dan dewan direksi demi tercapainya tujuan perusahaan. Good Corporate Gorvernance dimasukkan untuk mengatur hubungan-hubungan ini dan mencegah terjadinya kesalaha-kesalahan signifikan dalam strategi perusahaan dan untuk memastikan bahwa kesalahan-kesalahan yang terjadi dapat di perebaiki dengan segera. Penertian ini dikutip dari buku Good Corporate Governance pada badan usaha manufaktur, perbankan dan jasa keuangan lainnya (2008:36)
 
CONTOH:  PT ANTAM (Persero) Tbk

Semenjak menjadi perusahaan publik di Indonesia pada tahun 1997 dan mencatatkan saham di Australia pada tahun 1999, tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance, GCG) telah menjadi salah satu elemen penting bagi Antam di dalam mempertahankan keberlanjutan pertumbuhan dan juga menjadi perusahaan pertambangan internasional. Lebih jauh, sebagai salah satu BUMN terbesar dan berpengaruh, Antam memiliki komitmen untuk terlibat dalam pertumbuhan Indonesia dengan berkontribusi secara signifikan terhadap perekonomian Indonesia dan menjadi contoh bagi perusahaan lain, terutama BUMN lain, dalam hal implementasi GCG.
Dewan Komisaris, Komite-komite di tingkat Dewan Komisaris, Direksi, dan manajemen senior terus meningkatkan kapabilitas di dalam proses pengawasan dan pengelolaan perusahaan, sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Semua pihak juga berupaya untuk memperkuat hubungan kerja satu sama lain. Singkatnya, Antam menyadari pentingnya hubungan kerja yang harmonis serta kerjasama diantara organ-organ tata kelola, manajemen dan staf untuk mempertahankan dan meningkatkan praktik GCG di Antam secara berkelanjutan. Untuk mendukung fungsi pengawasan, Dewan Komisaris telah membentuk lima Komite di tingkat Dewan Komisaris yakni Komite Audit, Komite Nominasi, Remunerasi dan Pengembangan SDM (NRPSDM), Komite Manajemen Risiko, Komite GCG dan Komite CSR dan Pasca Tambang.

TUJUAN PENERAPAN GCG
Penerapan prinsip-prinsip GCG akan meningkatkan citra dan kinerja Perusahaan serta meningkatkan nilai Perusahaan bagi Pemegang Saham.Tujuan penerapan GCG adalah:
1   . Memaksimalkan nilai perusahaan dengan cara meningkatkan penerapan prinsip-prinsip transparansi, kemandirian, akuntabilitas, pertanggungjawaban, dan kewajaran dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan
2.   Terlaksananya pengelolaan Perusahaan secara profesional dan mandiri  
3. Terciptanya pengambilan keputusan oleh seluruh Organ Perusahaan yang didasarkan pada nilai moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku  
4.   Terlaksananya tanggung jawab sosial Perusahaan terhadap stakeholders 
5.  Meningkatkan iklim investasi nasional yang kondusif, khususnya di bidang energi dan Petrokimia

PRINSIP-PRINSIP GCG
Secara umum terdapat lima prinsip dasar dari good corporate governance yaitu:
   1.      Transparency (keterbukaan informasi), yaitu keterbukaan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan dan keterbukaan dalam mengemukakan informasi materiil dan relevan mengenai   perusahaan.
2.      Accountability (akuntabilitas), yaitu kejelasan fungsi, struktur, sistem, dan pertanggungjawaban organ perusahaan sehingga pengelolaan perusahaan terlaksana secara efektif.
3.      Responsibility (pertanggungjawaban), yaitu kesesuaian (kepatuhan) di dalam pengelolaan perusahaan terhadap prinsip korporasi yang sehat serta peraturan perundangan yang berlaku.
4.      Independency (kemandirian), yaitu suatu keadaan dimana perusahaan dikelola secara professional tanpa benturan kepentingan dan pengaruh/tekanan dari pihak manajemen yang tidak sesuai dengan peraturan dan perundangan-undangan yang berlaku dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat.
5.      Fairness (kesetaraan da kewajaran), yaitu perlakuan yang adil dan setara di dalam memenuhi hak-hak stakeholder yang timbul berdasarkan perjanjian serta peraturan perundangan yang berlaku. Esensi dari corporate governance adalah peningkatan kinerja perusahaan melalui supervisi atau pemantauan kinerja manajemen dan adanya akuntabilitas manajemen terhadap pemangku kepentingan lainnya, berdasarkan kerangka aturan dan peraturan yang berlaku.

Analisis
Perlu adanya prinsip-prinsip Good Corporate Governance ( GCG ) di dalam Perusahaan yang dikelola, agar dapat menghasilkan kinerja yang baik antara pemegang saham, dewan komisaris, dan dewan direksi dalam membuat keputusan dan menjalankannya sesuai dengan nilai moral yang telah ditetapkan demi tercapainya tujuan dari perusahaan tersebut. Seperti contoh Perusahaan diatas: “Semua pihak juga berupaya untuk memperkuat hubungan kerja satu sama lain. Singkatnya, Antam menyadari pentingnya hubungan kerja yang harmonis serta kerjasama diantara organ-organ tata kelola, manajemen dan staf untuk mempertahankan dan meningkatkan praktik GCG di Antam secara berkelanjutan. Maka dari itu Antam adalah salah satu contoh perusahaan yang patut ditiru oleh perusahaan-perusahaan yang lainnya.

Sumber:

Sabtu, 13 Oktober 2012

ETIKA PRODUK DALAM DUNIA PERIKLANAN DITELEVISI


KASUS
Membahas produk iklan Sunsilk di media televisi

TEORI
Di dalam keseharian shampoo sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya wanita, untuk membersihkan rambut yang kotor, terlihat kusam, rapuh, bercabang, berminyak agar terlihat indah, bercahaya dan gampang diatur. Disini Sunsilk memahami dan mengetahui apa yang dirasakan wanita, apa yang mereka perlukan, dimana setiap wanita menginginkan agar dirinya terlihat sempurna terutama penampilan khususnya rambut sebagai mahkota wanita.
Di televisi banyak sekali iklan-iklan produk shampoo yang kegunaannya sama, tetapi belum tentu produk tersebut cocok dengan rambut para konsumennya dikarenakan yang pada mulanya menggunakan Sunsilk mencoba menggunakan produk lain karena tergiur oleh model atau artis yang memperlihatkan keindahan rambut mereka di iklan tersebut.
Etika bisnis yang dilakukan oleh produk Sunsilk
Sering kita lihat di televisi iklan-iklan shampoo kebanyakan wanita-wanita cantik yang diperankan modal atau artis dari luar dan dalam negeri. Rambut-rambut mereka terlihat indah, tebal, berkilau dan mudah diatur pada saat para model atau artis tersebut memperlihatkan rambutnya agar konsumen terpukau melihat ikan yang ditayangkan, agar konsumen tertarik untuk membeli produk shampoo tersebut. Bisa dibilang promosi iklan yang ditayangkan lebih bagus daripada iklan-iklan yang lain.
Perusahaan Sunsilk pun sampai melirik 7 pakar rambut terkemuka didunia untuk diajak kerjasama untuk menghasilkan formulasi terbaik Sunsilk yang menggabungkan teknologi tinggi yang dimiliki Sunsilk dengan ilmu dan pengalaman dari para ahli rambut terkemuka di bidangnya. Dengan pakar-pakar rambut yang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut, Sunsilk membawa solusi bagi para wanita di dunia yang menginginkan penampilan yang sempurna dengan rambut yang indah dan bebas masalah.
Macam-macan dan manfaat Sunsilk yang dihasilkan oleh 7 pakar ramput terkemuka.

-          Sunsilk Damage Hair Therapy
Sunsilk bekerja sama dengan Thomas Taw dari London, yang terkenal sebagai pakar perawatan rambut kering dan rusak dan pendiri Bobsoho Salon, mengkreasikan formulasi terkini Sunsilk Damaged Hair Treatment, mengembalikan kelembutan rambut rusak dan menjaganya senantiasa sehat.
-          Sunsilk Soft&Smooth
Sunsilk bekerja sama dengan Thomas Taw dari London, yang terkenal sebagai pakar perawatan rambut kering dan rusak dan pendiri Bobsoho Salon, mengkreasikan formulasi terkini Sunsilk Soft&Smooth untuk menjadikan rambut terasa sehalus sutra. Perawatan Shampoo dan Conditioner yang diperkaya dengan Ceramide Macademia Complex yang meresap ke bagian dalam rambut yang kasar sekaligus melapisi bagian luarnya untuk menutrisi, melembabkan serta melembutkan rambut kering dan kasar.
-          Sunsilk Black Shine
Sunsilk bekerja sama dengan Jamal Hammadi dari LA, penata rambut para bintang Hollywood, mengkreasikan formulasi terkini Sunsilk Black Shine untuk mengangkat kotoran sekaligus melapisi helai rambut hingga menjadikannya tampak hitam berkilau.
-          Sunsilk Hair Fall Solution
Sunsilk bekerja sama dengan Francesca Fusco dari New York, pakar kelas dunia untuk perawatan kulit kepala, mengkreasikan formulasi terkini Sunsilk Hair Fall Solution untuk mengurangi rambut rontok hingga 98% dalam 1 minggu*. Shampoo, Conditioner, dan Treatment yang diperkaya dengan Soya Vitamin Complex, menutrisi dan melembabkan  rambut, merawat  kekuatan  rambut dari akar hingga ujungnya sehingga dapat mengurangi rambut rontok hingga 98% dalam 1 minggu*.
-          Sunsilk Frizz & Weather Defense
Sunsilk bekerja sama dengan Teddy Charles dari Paris, ahli penata rambut kelas dunia untuk majalah fashion dan fashion show, mengkreasikan formulasi terkini Sunsilk Frizz & Weather Defense untuk melindungi rambut dari tantangan cuaca.
-          Sunsilk Clean & Fresh
Sunsilk bekerja sama dengan Francesca Fusco dari New York, pakar kelas dunia untuk perawatan kulit kepala, mengkreasikan formulasi terkini Sunsilk Clean & Fresh untuk sensasi kulit kepala yang bersih dan segar. Diperkaya dengan Vitamin Citrus Complex, mampu membersihkan kotoran dan minyak berlebih di kulit kepala serta membuatnya terasa sejuk dan segar hanya dalam satu kali keramas, juga menutrisi rambut dan kulit kepala sehingga mencegah terjadinya rambut lepek dan gatal akibat ketombe.
-     Sunsilk Anti-Dandruff
Sunsilk bekerja sama dengan Francesca Fusco dari New York, pakar kelas dunia untuk perawatan kulit kepala, mengkreasikan formulasi terkini Sunsilk Anti-Dandruff untuk menghilangkan ketombe* dari kulit kepala dan menjaga rambut senantiasa indah. Diperkaya dengan ZPT Citrus Complex yang mampu menghilangkan ketombe* sejak pertama kali keramas serta menjaga kelembaban alami rambut. *Tak ada ketombe yang terlihat dengan penggunaan yang teratur.
-     Sunsilk Men Baru! (Segera Hadir November 2012)

ANALISIS
Berdasarkan teori yang disampaikan diatas, maraknya persaingan dalam industri periklanan di televisi yang menampilkan produk-produk shampoo versi dan varian terbaru, kita sebagai konsumen agar tidak menjadi korban iklan yang sehabis melihat iklan ditelevisi langsung membeli produk tersebut. Di dalam periklanan perlu adanya tata krama dalam etika bisnis yang bagaimana caranya agar tidak saling menjatuhkan produk lain, apalagi dalam penyampaian iklan jangan sampai iklan tersebut bisa  membodohkan masyarakat agar mereka tidak mencoba-coba segala jenis produk yang ditawarkan karena keingintahuannya dan kalau hasilnya tidak sesuai dengan kenyataan maka akan merugikan para konsumen bukannya mengurangi malah menambah, seperti iklan shampoo anti ketombe karena iklannya meyakinkan para konsumen  melihat  artis atau modelnya yang ganteng dan cantik menampilkan produk tersebut maka mereka tergiur untuk mencoba-coba apakah produk itu benar-benar terbukti apa tidak. Jangan sampai konsumen dibikin bingung untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

SUMBER: