KASUS
Membahas produk iklan Sunsilk di media televisi
TEORI
Di dalam keseharian shampoo sangat
dibutuhkan oleh masyarakat khususnya wanita, untuk membersihkan rambut yang
kotor, terlihat kusam, rapuh, bercabang, berminyak agar terlihat indah,
bercahaya dan gampang diatur. Disini Sunsilk
memahami dan mengetahui
apa yang dirasakan wanita, apa yang mereka perlukan, dimana setiap wanita menginginkan agar dirinya terlihat
sempurna terutama penampilan khususnya rambut sebagai mahkota wanita.
Di televisi banyak sekali iklan-iklan
produk shampoo yang kegunaannya sama, tetapi belum tentu produk tersebut cocok
dengan rambut para konsumennya dikarenakan yang pada mulanya menggunakan
Sunsilk mencoba menggunakan produk lain karena tergiur oleh model atau artis
yang memperlihatkan keindahan rambut mereka di iklan tersebut.
Etika bisnis yang dilakukan oleh produk
Sunsilk
Sering kita
lihat di televisi iklan-iklan shampoo kebanyakan wanita-wanita cantik yang
diperankan modal atau artis dari luar dan dalam negeri. Rambut-rambut mereka
terlihat indah, tebal, berkilau dan mudah diatur pada saat para model atau
artis tersebut memperlihatkan rambutnya agar konsumen terpukau melihat ikan yang
ditayangkan, agar konsumen tertarik untuk membeli produk shampoo tersebut. Bisa
dibilang promosi iklan yang ditayangkan lebih bagus daripada iklan-iklan yang
lain.
Perusahaan Sunsilk
pun sampai melirik 7 pakar rambut terkemuka didunia untuk diajak kerjasama untuk menghasilkan formulasi terbaik Sunsilk yang menggabungkan teknologi tinggi yang dimiliki Sunsilk dengan ilmu dan pengalaman dari para ahli rambut terkemuka di bidangnya.
Dengan pakar-pakar
rambut yang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut, Sunsilk membawa solusi bagi para wanita di dunia yang menginginkan penampilan yang sempurna dengan rambut yang indah dan bebas masalah.
Sunsilk bekerja sama dengan Thomas Taw dari
London, yang terkenal sebagai pakar perawatan rambut kering dan rusak dan
pendiri Bobsoho Salon, mengkreasikan formulasi terkini Sunsilk Damaged Hair
Treatment, mengembalikan kelembutan rambut rusak dan menjaganya senantiasa
sehat.
-
Sunsilk Soft&Smooth
Sunsilk bekerja sama dengan Thomas Taw dari
London, yang terkenal sebagai pakar perawatan rambut kering dan rusak dan
pendiri Bobsoho Salon, mengkreasikan formulasi terkini Sunsilk Soft&Smooth
untuk menjadikan rambut terasa sehalus sutra. Perawatan Shampoo dan Conditioner yang diperkaya dengan Ceramide
Macademia Complex yang meresap ke bagian dalam rambut yang kasar sekaligus
melapisi bagian luarnya untuk menutrisi, melembabkan serta melembutkan rambut
kering dan kasar.
-
Sunsilk Black Shine
Sunsilk bekerja sama dengan Jamal Hammadi dari
LA, penata rambut para bintang Hollywood, mengkreasikan formulasi terkini
Sunsilk Black Shine untuk mengangkat
kotoran sekaligus melapisi helai rambut hingga menjadikannya tampak hitam
berkilau.
-
Sunsilk Hair Fall Solution
Sunsilk bekerja sama dengan Francesca Fusco dari
New York, pakar kelas dunia untuk perawatan kulit kepala, mengkreasikan
formulasi terkini Sunsilk Hair Fall Solution untuk mengurangi rambut rontok
hingga 98% dalam 1 minggu*. Shampoo,
Conditioner, dan Treatment yang diperkaya dengan Soya Vitamin Complex,
menutrisi dan melembabkan rambut, merawat kekuatan rambut dari akar hingga ujungnya sehingga
dapat mengurangi rambut rontok hingga 98% dalam 1 minggu*.
-
Sunsilk Frizz & Weather Defense
Sunsilk bekerja sama dengan Teddy Charles dari
Paris, ahli penata rambut kelas dunia untuk majalah fashion dan fashion show,
mengkreasikan formulasi terkini Sunsilk Frizz & Weather Defense untuk
melindungi rambut dari tantangan cuaca.
-
Sunsilk Clean & Fresh
Sunsilk bekerja sama dengan Francesca Fusco dari
New York, pakar kelas dunia untuk perawatan kulit kepala, mengkreasikan
formulasi terkini Sunsilk Clean & Fresh untuk sensasi kulit
kepala yang bersih dan segar. Diperkaya
dengan Vitamin Citrus Complex, mampu membersihkan kotoran dan minyak berlebih
di kulit kepala serta membuatnya terasa sejuk dan segar hanya dalam satu kali
keramas, juga menutrisi rambut dan kulit kepala
sehingga mencegah terjadinya rambut lepek dan gatal akibat ketombe.
- Sunsilk Anti-Dandruff
Sunsilk bekerja sama dengan Francesca Fusco dari
New York, pakar kelas dunia untuk perawatan kulit kepala, mengkreasikan
formulasi terkini Sunsilk Anti-Dandruff untuk menghilangkan ketombe* dari kulit
kepala dan menjaga rambut senantiasa indah. Diperkaya
dengan ZPT Citrus Complex yang mampu menghilangkan ketombe* sejak pertama kali
keramas serta menjaga kelembaban alami rambut. *Tak ada ketombe yang terlihat dengan penggunaan yang teratur.
ANALISIS
Berdasarkan teori yang disampaikan diatas, maraknya
persaingan dalam industri periklanan di televisi yang menampilkan produk-produk
shampoo versi dan varian terbaru, kita sebagai konsumen agar tidak menjadi
korban iklan yang sehabis melihat iklan ditelevisi langsung membeli produk
tersebut. Di dalam periklanan perlu adanya tata krama dalam etika bisnis yang bagaimana
caranya agar tidak saling menjatuhkan produk lain, apalagi dalam penyampaian
iklan jangan sampai iklan tersebut bisa membodohkan masyarakat agar mereka tidak
mencoba-coba segala jenis produk yang ditawarkan karena keingintahuannya dan
kalau hasilnya tidak sesuai dengan kenyataan maka akan merugikan para konsumen bukannya
mengurangi malah menambah, seperti iklan shampoo anti ketombe karena iklannya
meyakinkan para konsumen melihat artis atau modelnya yang ganteng dan cantik
menampilkan produk tersebut maka mereka tergiur untuk mencoba-coba apakah
produk itu benar-benar terbukti apa tidak. Jangan sampai konsumen dibikin
bingung untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
SUMBER:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar